Cara Mudah Mengubah Mindset


Untuk mengubah mindset,pertama anda harus tahu bahwa mindset anda perlu dirubah. Banyak orang tidak tahu mengapa mereka perlu merubah mindset mereka. Ada juga orang yang memungkiri, dalam artian mereka tahu, tetapi terlalu takut untuk membuat perubahan. Dan yang terakhir adalah mereka yang tahu dan mampu malakukannya. Yang manakah anda?

Caranya:
1) Untuk mengubah mindset, kita harus mengubah kebiasaan kita yang lama. Cobalah cari definisi pola pikir: Kebiasaan atau sikap mental karakteristik yang menentukan bagaimana anda mengartikan dan merespons terhadap situasi.

Ini artinya, mindset yang tepat berpotensi mengubah setiap keputusan yang kita buat untuk menjadi lebih baik. Di sisi lain, mindset yang salah dapat mengubahnya menjadi lebih buruk. Jadi tampaknya mindset cukup penting jika punya kekuatan seperti itu dalam kehidupan kita. 

2) Fokuslah kepada hal yang positif dan hilangkanlah pikiran negatif. Ini mudah untuk mengatakannya tetapi sulit untuk dilaksanakan, tetapi bisa kita lakukan. Cara alternatifnya adalah memfokuskan kepada hal yang negative. Namun, anda hanya bisa fokus terhadap satu hal saja, maka terdapat pilihan. Pilihlah cara positifnya setiap saat dan lihatlah seberapa perubahan yang terjadi. 

Tinggalkanlah hal-hal negatif dalam hidup anda. Jika anda mampu melakukan hal-hal negatif, maka anda juga bisa meninggalkannya. Di suatu tempat dimasa lalu,pikiran negatif telah terprogram kedalam pikiran anda. Satu-satunya cara adalah harus melakukan perubahan positif dalam mindset untuk dapat menghilangkan pikiran negatif. 

3) Berhati-hatilah terhadap apa yang anda ucapkan. Kata-kata yang keluar dari mulut anda masuk ke telinga anda sendiri. Jika anda kritis terhadap diri sendiri dan atau orang lain, maka hal ini akan membuat efek negatif. Ini dapat menjatuhkan diri anda sendiri dan orang lain disekitar anda. Ucapkanlah kata-kata yang dapat memberikan semangat dan mendorong diri anda sendiri untuk memiliki tingkat kinerja dan produktifitas yang lebih tinggi. Sebagai hasilnya, anda akan mendapatkan keberhasilan

Hadapilah ketakutan yang menghadang dan jangan melihat kebelakang. Justru ketika anda melihat suatu hal yang sudah bagus dimasa lalu, itulah yang anda kuasai. Jika anda ingin mengubah mindset untuk perbaikan, maka anda tidak boleh berbalik. Jika anda berbalik, hidup anda akan berubah juga, namun menjadi lebih buruk. Ketika anda mengijinkan pikiran negatif menguasai, maka semuanya akan selalu menjadi lebih buruk dan tidak pernah membaik.Tidak ada yang benar tentang salah!

4) Berhentilah bergaul dengan penentang dan biarkanlah mereka pergi sekarang juga. Jika tidak, maka mereka akan senang membantu anda berkubang dalam mengasihani diri sendiri dan berkubang hal negatif. Mereka tidak menginginkan perubahan dalam pola pikir dan mereka tidak menginginkan anda juga berubah. 

Percayalah kepada diri sendiri dan ketahuilah bahwa hidup adalah apa yang anda perbuat. Anda benar benar akan menjadi pemenang, tetapi anda harus memainkan kartu anda secara benar.

Tambahan:
Cintai apa yang anda lakukan

Ya, Cintai apa yang anda lakukan, dan kerjakan tugas-tugas anda dengan cinta. Jika anda sudah punya mindset ini, anda tidak lagi merasakan suatu tugas itu sebagai suatu yang memberatkan. Sebaliknya, tugas tersebut akan menjadi sesuatu yang anda sukai. Tugas menjadi lebih menyenangkan. 

Untuk melihat kekuatan dari prinsip ini, carilah suatu momen untuk melihat diri anda sendiri. Dapatkah anda mengingat melakukan sesuatu yang anda sukai?Bagaimana rasanya?Selanjutnya, dapatkah anda mengingat melakukan sesuatu yang tidak anda sukai? Bagaimana rasanya jika dibandingkan dengan melakukan sesuatu yang anda sukai?Untuk sesuatu yang anda sukai, anda dengan mudah dapat melakukannya. Anda melakukannya dengan antusias dan kegembiraan. Hasilnya secara alami akan mengikuti. Di sisi lain, melakukan hal yang anda tidak suka adalah suatu perjuangan. Anda harus memaksa diri untuk melakukannya dan menderita sepanjang hari. Sangat sulit untuk mendapatkan produktifitas maksimum dalam kondisi ini.

Mungkin anda pernah membaca "Cintai apa yang anda kerjakan" dan bukan "Kerjakan apa yang anda Cintai". Mengapa? Karena kalimat yang pertama adalah proaktif sedangkan yang kedua tidak. 
Anda tidak boleh selalu memilih untuk melakukan sesuatu hal yang anda sukai. Ada waktunya ketika anda harus melakukan sesuatu yang tidak anda sukai. Jika mantranya adalah "Kerjakan apa yang anda cintai", maka kinerja anda akan tergantung dari jenis tugas/pekerjaan yang anda punya. Anda akan melakukan yang terbaik ketika anda melakukan pekerjaan yang anda suka dan anda akan melakukan dengan tidak maksimal sebaliknya. Untuk menjadi benar-benar produktif, kinerja anda harus benar-benar konsisten. Tidak peduli tugas apa yang anda hadapi, anda harus melakukan yang terbaik. Itulah mengapa kuncinya adalah "Cintai apa yang anda kerjakan". 

Sekarang, bagaimana kita bisa mengubah mindset kita untuk mencintai apa yang kita kerjakan? 

Ubahlah self-talk negatif anda dengan yang positif.
Semuanya berawal dari pikiran kita. Kita mencintai sesuatu karena kita mempunyai self-talk positif. Untuk, lebih jelasnya dapat kita katakan seperti berikut.
Saya suka ini
Ini menarik. 
Aku tak sabar untuk melakukannya

Sedangkan di sisi lain, untuk sesuatu yang tidak kita suka:
Ini membosankan 
Ini susah 
Seandainya aku tidak harus melakukan ini.

Dapatkah anda membedakannya? Untuk dapat mengubah self-talk negatif menjadi self talk positif caranya sebagai berikut:

1. Cari sesuatu yang positif tentang apa yang anda kerjakan. 
Jika anda ingin mempunyai self-talk positif, anda harus punya sesuatu yang positif untuk memulai. Ketika kita secara alami melihat kepada sisi yang buruk dari sesuatu hal yang tidak kita suka, kita seharusnya harus berusaha untuk mencari sesuatu yang positif. Apa yang bisa anda dapat dari pekerjaan ini? Penghargaan/hadiah apa yang akan anda terima? mungkin tidak ada. Bisa saja jauh di masa depan, tetapi yakinlah anda bisa mendapatkan sesuatu dari hal tersebut. Sebagai contoh, suatu pekerjaan akan mengajari anda untuk lebih bersabar dan ketekunan yang berguna untuk pada masa yang akan datang.

2. Perhatikan self-talk anda
Self talk kita dapat bekerja secara otomatis hampir tidak bisa kita ketahui. Tetapi, jika anda melihat lebih dekat, anda akan mengetahui self-talk seperti apa yang anda punya. Jadi jangan hanya melakukan sesuatu secara autopilot. Perhatikan pikiran dan identifikasi jenis dari self-talk yang anda punya.

3. Pergunakanlah negatif self-talk untuk memacu hal yang positif.
Ketika anda menyadari bahwa negatif self-talk muncul dalam benak anda, pergunakanlah hal tersebut sebagai suatu pemicu untuk memulai self-talk positif. Anda dapat menemukan hal yang positif mengenai pekerjaan anda (dari langkah 1 diatas), jadi anda dapat memulai menggunakannya untuk mengatakan sesuatu yang positif mengenai suatu pekerjaan dalam benak anda.

4. Giatlah!
Mengganti self-talk negatid dengan positif membutuhkan waktu, jadilah orang yang gigih sepanjang jalan sampai anda mulai untuk menyukai pekerjaan tersebut. Mungkin belum benar-benar mencintai, tetapi menyukai adalah awal yang bagus. Ketika anda mempunyai sikap positif terhadap suatu pekerjaan, anda akan melihat bahwa produktifitas anda meningkat.

*******

Tidak mudah melakukannya,tetapi mengubah mindset anda adalah penting untuk meningkatkan produktifitas. Cintai apa yang anda kerjakan dengan self-talk positif tentangnya, dan anda akan mendatkan segala sesuatunya menjadi lebih mudah.

Cara Mudah Mengubah Mindset Cara Mudah Mengubah Mindset Reviewed by Yode Arliando on 1:26:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. Mantaf.. Siip artikelnya gan. Bisa menjadi inspirasi untuk diri sendiri.

    ReplyDelete

Mari komentar dan berdiskusi...