Thursday, January 06, 2011

Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

[gandum lho ini]
Kemarin, 4 Januari 2011, setelah ngatarin temen (Dwita), saya sm temen (Hari) nonton di kontrakannya Hari. Entah bagaimana awalnya kami diskusi tentang Tepung.
Ada tepung gandum,ada tepung terigu. Saya berpendapat kalo tepung terigu itu adalah tepung gandum. Berasal dari bahan yang sama.
Tapi Hari menjelaskan bahwa tepung gandum dan tepung terigu itu berbeda, baik bentuk maupun bahannya. Karena saya tidak cukup ilmu, dan dia terlihat lebih meyakinkan dalam menjelaskan, akhirnya saya dengerin dia menjelaskan perbedaan keduanya, sampai pada bagaimana sarapan itu, apakah pake olahan terigu atau gandum. hehe..


"Gandum itu beda Doy dari Terigu. Kalau gandum itu yang ditanam sm petani2 di amerika, bentuknya kayak di iklan Choco Crun itu, sedangkan terigu itu kayak jagung, ada buletannya. Gandum kyak padi bentuknya"
"Ah, sama Jon", Hari biasa dipanggil Joni, saya biasa dipanggil Edoy.

"Beda Doy.."

"Yakin Jon?"

"Lah lihatlah di TV".

Dengan sedikit keyakinan bahwa yang dijelaskan Hari itu (agak) salah, saya akhirnya bikin pengingat di HP untuk nyari perbedaan diantara keduanya. Malam ini saya dapatkan dari Yahoo Answer.

Saya kutipkan dibawah ini:
Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari biji gandum, jadi tepung terigu pada dasarnya sama dengan tepung gandum.
Gandum = wheat, tepung terigu = wheat flour.
Lain halnya bila perbandingan anda adalah antara tepung terigu dengan tepung gandum utuh (whole wheat flour). Tepung terigu dibuat dari bagian dalam gandum saja (disebut wheat endosperm) setelah membuang bagian luarnya yang keras dan banyak mengandung serat (disebut wheat bran) dan bagian paling kecil dari inti biji gandum yang mengandung banyak vitamin dan mineral (disebut wheat germ).
Oleh karena itu tepung terigu cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuat kue, mie dan roti karena kadar elastisitasnya yang lebih tinggi dari tepung gandum utuh. Sedangkan tepung gandum utuh adalah tepung yang diperoleh dengan cara menggiling seluruh bagian biji gandum secara utuh, yaitu endosperm, bran dan germ. Oleh sebab itu kandungan serat dalam tepung gandum utuh mencapai 3-4 kali tepung terigu dan lebih banyak mengandung nutrien.

Di kutipkan dari pendapat lain juga seperti ini:

setau saya,
tepung terigu adalah tepung yg terbuat dari gandum juga,cuma sdh di proses sehingga lebih halus dan putih,bahkan ada yg di tambah kan zat vitamin tertentu utk memperkaya kandungan gizi nya.
kalau tepung gandum ya murni olahan gandum langsung,maka nya kasar dan berwarna kecoklatan.
tetapi kalau utk diet..lebih baik mengkonsumsi tepung gandum ini karena lebih sedikit mengalami proses pengolahan jadi lebih lama bertahan di dalam tubuh,membuat kita tidak mudah lapar,juga gampang di cerna oleh tubuh kita menjadi energi..
tapi ya itu..rasa nya kasar2 gak se sedap tepung terigu..


Ini saya kutipkan lagi dari situs sekitarkita.net:
Tepung terigu dan tepung gandum utuh ternyata sama – sama dibuat dari gandum yang membedakannya adalah proses penggilingannya, tepung terigu  [wheat flour] dihasilkan dari proses penggilingan biji gandum bagian paling dalam sedangkan tepung gandum utuh dibuat dari proses penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, perbedaan ini menyebabkan kandungan lemak dan serat tepung gandum lebih tinggi daripada tepung terigu

Berarti bener kacurigaan saya kalo gandum dan terigu itu Kembar Fanatik, eh.. Identik.
- CMIIW -

Tambahan dari Mas/Mbak Anonymous - terimakasih sebelumnya. :)

harga tepung gandum utuh ternyata lebih mahal dari pada tepung terigu.
dan ternyata dalam pengolahan tepung terigunya sendiri terkadang ditambah tepung jenis lain misalnya tapioka utk menekan harga.
dan yang pasti klo temen2 makan roti dari olahan terigu akan mudah cepat merasa lapar, tp klo teman2 makan roti dari tepung gandum utuh dijamin awet kenyangnya, makannya orang indonesia karena rotinya dari terigu,makan roti adalah sampingan karena ga bikin kenyang.




23 comments:

  1. Jhooozz,,,saya juga sempet mempertanyakan hal yang sama soalnya,,sekarang sudah tau jawabannya,,nice inpo,,makasih yaa^^

    ReplyDelete
  2. wah..namanya kok hampir sama dengan nama saya yah hihihi, terima kasih untuk infonya, tepung gandum memang lebih bagus untuk diet, karena selama saya sakit, dokter menyuruh saya untuk memilih biskuit yang kandungan gandumnya banyak (bukan terigu).

    ReplyDelete
  3. Iya Mba, nama kita hampir sama. :D
    Oh begitu, terimakasih Infonya ya Mba Arlina. :)

    ReplyDelete
  4. trimakasih info.ny..sungguh luar biasa!

    ReplyDelete
  5. maaf mau nambahi sedikit lagi, harga tepung gandum utuh ternyata lebih mahal dari pada tepung terigu.
    dan ternyata dalam pengolahan tepung terigunya sendiri terkadang ditambah tepung jenis lain misalnya tapioka utk menekan harga.
    dan yang pasti klo temen2 makan roti dari olahan terigu akan mudah cepat merasa lapar, tp klo teman2 makan roti dari tepung gandum utuh dijamin awet kenyangnya, makannya orang indonesia karena rotinya dari terigu,makan roti adalah sampingan karena ga bikin kenyang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mas/Mbak,
      Tambahannya saya masukkan ke dalam tulisan diatas ya.. :)
      Kalo Mas/Mbak ada namanya atau Blog akan lebih baik, biar saya bisa taroh link blognya. :)

      Delete
  6. Makan roti dari terigu bisa kenyang juga kalau porsinya agak banyak, tetapi kalau dibandingkan dengan roti dari gandum memang lebih mengenyangkan sepertinya. Saya izin copy dan save gambar salah satu gandum di atas, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Udah 3 bulan saya diet tanpa bantuan obat2 diet, dengan mengkomsumsi buah dan sayur berbentuk buah (wortel, buncis, kcng pnjang, labu siam) tanpa makan nasi sedikitpun (saya ganti dengan tahu akhir2 ini) ditambah olahraga lari 1 x 2hr, shitup, pushup, dll, alhasil dlm 2 bln udah trun 12kg, nah kebiasaan saya suka skali makan mie aceh, sering saya makan skali dlm 3 hari, untuk melepas selera pedas saya, saya pikir terigu adalah dr gandum, bahan dasar mie, keraguan saya akhirnya terjawab, gandum olahan yg bagus ternyata tepung gandung yg ori yg petani amerika tanam yg dihaluskan keseluruhannya, singga agak kesat dan kecoklatan, kaya serat, dan sedikit dkonsumsi sngt mengenyangkan! Saya sadar, kebiasaan makan mie bakal saya tingglkan, dan kembali menyempurnakan diet saya, dengan mencari olahan tempung gandum yg aman buat diet, walau d tempat saya sangat langka skali, tp dipusat kota bakal saya cari, pasti ada, terimakasih infonya, walau diet saya sukses alami, skrng saya malah anti sekali untuk makan nasi, kendati berbagai acara kantor yg menyuguhkan nasi, saya tetap memilih air putih, atau secangkir kopi, atau memilih sayur yg sesuai dng kriteria makanan diet saya, jika ada, saya mengajak pada saudara2 temen2, untuk mengurangi konsumsi nasi, atau sehari tanpa nasi, kaya diiklan2, bisa jd penghematan juga, rubah paradigma, klau tidak makan nasi, jd lemes, sebab nasi adalah makanan pokok indonesia, saya sendiri bisa kok, ayo, pengeluaran sehari2 malah berkurng, cukup tahu 4 potng (2.400) sayur (untuk seminggu (20rb cukup) buah pepaya (kebetulan ada dikebun) jeruk, pisang, mangga, apel ijo, bergantian beli secukupnya buat sminggu (30rb) dari pada makan nasi sebungkus dan rokok (35rb sehari x sminggu) hemat, masalah kerja saya tetap fit, (walau kelihatan ​​ada capenya, tp masih lumrah, bahkan saya lebih luwes dan lincah)

    ReplyDelete
  8. Tambhan : berat saya skarang dari 77 turun ke 64 (13 kg) skarang saya sudah terbiasa makan tanpa nasi, kulit kelihatan bersih, dari lebih memiliki rasa sabar, dikantor kadang saya kecewa pada sikap temen2 yang melakukan diet mengkonsumsi obat atau penganti nutrisi (mereka kelihatan membanggakan diri berhasil diet, dan menyebut produk dietnya yg dibeli sangat mahal skali) dan membanding2kan dirinya pd mereka yg kelihatan gendut, apapun itu kamu gendut, ceking, kamu bakal kelihatan cantik dengan sikap sebagai seorang wanita yang bertata kerama sopan dan bersahabat, sebaliknya jg dng pria, walau wajah pas2an, tp sikap sbagai pria sewajarnya menjadikan kamu pria2 hebat yang memiliki sikap, cuma menjaga kesehatan itu penting, dr pd mengobati, mendapatkan bobot badan yg pas itu bonus, ayo temen2 mulai lah hidup sehat, sminggu yg lewat saya kehilangan sahabat baik karena serangan jantung, sebelumnya seorang temen dekat saya juga meninggal gara2 mengabaikan kesehatan matanya, akhirnya dioperasi, dan menghembskan nafas terakhir 3 hari setlh operasi, tetangga saya (22 th) meninggal karena jantung, dan selanjutnya temen satu kantor, mendadak meninggal, ( september sampai skrng sdh, sdh 4 orang terdekat, meninggal dunia) doa dan cerita ini saya dedikasikan pada sahabt2 saya di alam sana. Smoga Allah melapangkan dan mengampuni dosa2 mereka, dan memberikan kedamaian disana. Amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tambahannya Mas..
      Bermanfaat..

      Delete
    2. saya sempat juga menjalani diet tanpa makan nasi, tapi ternyata rambut saya rontok, saya baca di google nasi juga berpengaruh pada kekuatan akar rambut, jadi saya ganti beras biasa ke beras merah, dan sayur ternyata tdk cukup, kacang spt kcg hijau, almond, kedelai jg harus dikonsumsi setiap hari spt sayur,( asalkan jgn kcang tanah), mnyk goreng saya ganti dengan sunflower/ canola oil. skarang tubuh saya lbh fit, kulit saya terlihat segar dan wajah jg terlihat lbh muda dr usia saya yg 29 thn. saya gk terlalu byk brharap pd kosmetik atau treatment di salon, karna kecantikan yg murni hanya bs didapat dr pola hidup n makanan yg sehat.

      Delete
  9. mas mnt infonya, untuk dapetin tepung biji gandum murni dg hrg grosir dmn ya. mksh sblmnya tlg info ke email ya. alwaliy.sjt25@gmail.com

    ReplyDelete
  10. akhirnya saya tau dengan jelas perbedaanx,,krn sempet debat sama pnjual warung pas beli gandum dikasih terigu..tpi ya gmn lg sya ga bisa jelasin apa perbedaanx krn dia ngotot blg klo gandum ya terigu...xixixi skrg sya udh tau,,makasih ya ciiinn infonya

    ReplyDelete
  11. oalah bgtu tenyata perbedaanny, aq jg smpt debat ma tmn. tmn blg "sama aj terigu n gandum". aq blg "gk lah beda, dari hrg aj ud jelas bd bgt". ternyata oh ternyata...., bsk aq jelasin k tmn aq dech. makacih y infony.... :D

    ReplyDelete
  12. baru tau mkasih infonya...lengkap banget ...

    ReplyDelete
  13. Wah gandum mengandung lebih banyak protein drpd terigu,apalagi nasi, terus indonesia yg ga bisa produksi gandum/terigu jd impor terus, ckckckckc miris, pangan lokal semakin diremehkan

    ReplyDelete
  14. sedikit tambahan, tepung terigu di milling (penggilingan) halus makanya yg tersisa cuma endosperm nya aja (bagian tepung berwarna putih), sedang tepung gandum di milling kasar makanya germ & bran ikut kebawa jadi warna agak kecoklatan. dan kenapa tepung terigu tidak baik bila kita konsumsi terus menerus? itu dikarenakan terigu mengandung gluten (sejenis protein yg tidak mudah larut dlm tubuh) yg tinggi dan pada terigu ditambahin zat kimia lain, ex : zat besi, pemutih dll.

    ReplyDelete
  15. Sekedar Informasi:
    Di indonesia ada singkong yang bisa diolah menjadi Mocaf yang bisa menggantikan terigu dan bebas gluten, sehingga lebih sehat di konsumsi dan bisa sebagai makanan diet.

    ReplyDelete

Jangan lupa, kalo berguna, bagi-bagi komentarnya ya... Makasih... :)