7.1.11

Konsep dan Paradigma Permrograman

Bahasa Pemograman?
komputer adalah sekumpulan peralatan alat elektronik yang saling bekerjasama dalam menerima data, mengolah data, dan menampilkan informasi dari hasil olahan data dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memori. komputer terdiri dari dua komponen utama yaitu hardware dan software.


komponen hardware teridiri dari:

  1. CPU
  2. Memori
  3. Input dan Output Device
Komponen Software terdiri dari:
  1. Sistem Operasi (DOS, UNIX, NOVEL, WINDOWS)
  2. Program Utility (PC Tools)
  3. Program Aplikasi (GL, Myob, Payroll)
  4. Program Paket (M. Office, Photo Shop)
  5. Compiler (penterjemah)
Seperti yang kita ketahui bahwa komputer bekerja seperti halnya sebuah switching dan hanya mengenali bahasa mesin yaitu 0 dan 1. Sangatlah sulit bagi manusia untuk berbicara dengan bahasa 0 dan 1. Maka diperlukan sebuah penterjemah bahasa manusia ke bahasa komputer. maka selanjutnya diciptakanlah compiler.
bahasa pemograman menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi perantara percakapan antara komputer dan manusia. bahasa pemograman yang dipahami manusia diubah kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau compiler.
Compiler: mengkompilasi source code enjadi bentuk file yang bisa dieksekusi
Interpreter: Mengkompilasi dan menjalankan source kode secara langsung

Tingkat Bahasa Pemograman
Bahasa pemograman tingkat rendah (assembler) adalah bahasa pemograman tingkat pertama yang sulit dipahami oleh manusia karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi
komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.

Bahasa pemograman tingkat menengah (C, Pascal, Fortan) adalah bahasa pemograman yang instruksinya mendekati bahasa sehari-hari manusia yang masih sulit dimengerti karena menggunakan singkatan-singkatan seperti STO yang berarti menyimpan (STORE), MOV yang berarti pindah (MOVE).
Bahasa Pemograman tingkat tinggi ( Java, C++) adalah bahasa pemograman yang mudah dipahami manusia karena kedekatanya terhadap bahasa sehari-hari manusia. sebuah penyataan program diterjemahkan ke sebuah mesin menggunakan compiler.
Paradigma Pemograman
sudut pandang dan style pemograman berhubungan dengan bagaimana sebuah masalah diformulasikan dalam bahasa pemograman.
ada 3 jenis, yaitu;

  1. Functional Programming, yaitu berdasarkan urutan fungsi secara sekuen (Scheme, Lisp)
  2. Prosedural Programming, pemecahan masalah berdasarkan prosedural kerja yang terkumpul dalam satu unit pemograman bernama fungsi (C, Pascal)
  3. Object Oriented Programming, Koleksi object yang saling berinteraksi. class adalah unit pemograman ( Java, C++)

sumber: http://materijava.wordpress.com/2009/09/10/konsep-pemograman-dan-paradigma/
Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...