3.12.10

Menambah Aplikasi di Klik Kanan pada Desktop


Jika Anda ingin akses sangat cepat untuk menjalankan aplikasi yang sering digunakan tanpa menempatkan ikon tambahan pada desktop Anda, Anda dapat menambahkan aplikasi yang diinginkan ke menu konteks untuk desktop dengan cara manipulasi registry sederhana. Berikut ini cara melakukannya.

Menambahkan Aplikasi ke Menu Konteks Desktop
Untuk pelajaran hari ini akan ditunjukkan kepada Anda bagaimana menambahkan Notepad untuk menu, tapi Anda bisa menambahkan aplikasi yang Anda inginkan, tidak hanya Notepad. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka regedit.exe melalui pencarian Start Menu atau kotak run, lalu browse ke kunci berikut:

HKEY_CLASSES_ROOT \ Directory \ Background \ shell
Berikutnya, kita akan membuat key baru di bawah shell, nama yang persis apa yang akan muncul pada menu desktop. Klik kanan pada tombol "shell", dan kemudian pilih New \ Key dari menu.
Berikan nama key baru yang ingin Anda tampilkan di menu konteks desktop. Untuk contoh ini kita akan menggunakan Notepad.
Opsional: Jika Anda ingin menetapkan "Alt" untuk ini entri menu untuk akses cepat, Anda dapat mengubah (Default) nilai di sebelah kanan dan menempatkan karakter & di depan key yang ingin Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan tombol N untuk memulai Notepad setelah menu konteks desktop muncul, Anda dapat melakukan ini:
Secara pribadi saya tidak yakin hal ini akan sangat berguna karena Anda harus menggunakan mouse untuk klik kanan pada desktop ... mungkin juga hanya menggunakan mouse untuk klik item tersebut. Namun, untuk kelengkapan saya mencantumkan itu.

Selanjutnya Anda harus membuat tombol perintah yang benar-benar akan memegang kendali yang digunakan untuk meluncurkan aplikasi. Klik kanan pada key Notepad yang baru, dan kemudian pilih New \ Key dari menu.

Berikan ini nama kunci "command" dalam huruf kecil.

Untuk menyelesaikan langkah ini Anda akan memerlukan path lengkap ke aplikasi yang Anda inginkan untuk memulai. Anda dapat menggunakan Shift + Klik Kanan untuk mendapatkan salinan path secara cepat,
Catatan tentu saja, untuk Notepad Anda tidak perlu path lengkap, tapi ini hanya contoh.

Sekarang klik pada sisi kiri "command" , dobel-klik pada tombol (Default) di sisi kanan untuk mengedit nilai string.
Paste-kan path yang telah kita copy tadi, di kotak value data, jika telah selesai akan terlihat seperti dibawah ini:
Selesai..
Dan klik kanan di desktop akan menghasilkan item menu baru ... dengan menggunakan item menu akan langsung membuka aplikasi Notepad.

Anda dapat menambahkan sebanyak banyak aplikasi ke menu konteks desktop seperti yang Anda inginkan, hanya  dengan mengikuti langkah-langkah diatas dengan nama item menu baru.

Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...