8.9.10

Jadilah Perhiasan Dunia



Rasulullah Salallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalehah


Lihat, betapa wanita sholehah itu istimewa, sehingga Rasul pun mengatakan bahwa wanita sholehah itu perhiasan dunia. Tapi wanita seperti apa sih yang bisa menjadi perhiasan dunia? Apa yang cantik jelita, hmm gak juga. Cantik yang seperti itu relatif (sebagian temanku mengatakan seperti itu). Si A bilang gadis ini cantik, tapi belum tentu si B mengatakan hal yang sama.

Tapi ada yang lebih dari sekedar cantik. Apakah itu? Ya, inner beauty. Pastinya, sudah pada tau dong mengenai inner beauty ini.
Tak ada yang meragukan bahwa wanita itu senang keindahan. Tapi keindahan dari dalam itu yang terkadang sulit untuk dimunculkan. Bagaimanakah cara memiliki inner beauty:
1. Berbudi pekerti yang baik
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Umamah, tuturnya, “Rasulullah SAW bersabda: Aku adalah pemimpin rumah di pinggiran surga bagi orang yang tidak mau bertengkar mulut meskipun ia benar, pemimpin rumah di bagian tengah surga bagi orang yang tidak mau berdusta meskipun hanya bercanda, dan pemimpin rumah bagian atas surga bagi orang yang baik budi pekertinya
Gimana? Sudah memilih akan ingin di surga bagian yang mana?
2. Tidak menyakiti orang lain
Mencegah keburukanmu kepda orang lain sesungguhnya adalah shodaqohmu bagi dirimu sendiri” (HR. Al Bukhori)
3. Santun dalam berbicara
…. Ucapan yang baik adalah shodaqoh ….” (Diriwayatkan oleh Al Bukhori dari Abu Hurairoh r.a)
Berbicaralah dengan pelan, jangan mengeraskan suara di atas volume yang dibutuhkan oleh pendengar. Tidak memotong pembicaraan orang lain, dan perhatikanlah lawan bicara. Bicaralah seperlunya.
4. Jangan Berbohong
Rasulullah SAW bersabda: “Bersikaplah jujur, sesungguhnya kejujuran menghantarkan pada kebajukan, dan kebajikan menghantarkan ke surga. ……” (Diriwayatkan oleh Muslim dari Abdullah)
5. Malu
Rasulullah SAW bersabda: “Malu hanya membuahkan kebaikan
Ada 4 hal yang terkait malu yaitu, menutup aurat, tidak memperlihatkan perhiasan, menahan pandangan, dan tidak berdesak-desakan dengan laki-laki (referensi: Manajemen Diri Muslimah)
6. Positive thinking
Orang yang selalu negative thinking akan apapun yang terjadi padanya, raut wajahnya akan selalu curiga, muram, berkeluh kesah, pokoknya gak enak dilihat dech. Tak terpancar cahaya yang menyejukkan. Orang-orang pun akan enggan melihatnya. Iya gak?
7. Tersenyumlah
Diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari Abu Dzar, Rasulullah Besabda :”Senyumanmu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh bagimu
Senyum itu mudah kan? Itu juga akan membuat awet muda, karena saat kita tersenyum, kita hanya menggunakan lebih sedikit otot wajah daripada saat kita cemberut. Tuh kan? Siapa yang mau awet muda, ayo senyum… ^_^
Share:

1 comment :

Mari komentar dan berdiskusi...