8.8.10

Ide Aplikasi untuk Acer Liquid E - LIQUID AR

Ide Aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan kemampuan sebuah SmartPhone, dalam hal ini diperuntukkan untuk Acer Liquid E. Kalo aplikasinya saya bikin, akan saya beri nama
Liquid AR.
Semua smartphone memiliki kemampuan dari segi hardware dan software yang lebih dibandingkan handphone biasa. Pada ide ini, saya ingin memanfaatkan teknologi QR Code Quick Response Code) dan AR (Augmented Reality).
QR Code merupakan Kode Matriks / barcode 2D yang diciptakan perusahaan jepang. Seperti namanya, quick response, tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dan mendapatkan response dengan cepat. Di jepang Kode ini sangat populer, hampir semua ponsel di jepang dan korea memiliki kemampuan membaca QR Code. Fungsinya adalah untuk "menjembatani" konten Online dan konten Offline.
Yang dibutuhkan untuk sebuah smartphone adalah Aplikasi pembaca Kode. Jadi di Liquid E nanti akan ada sebuah aplikasi Code Reader. Misalkan disini adalah cara membaca QR Code yaitu dengan mengarahkan kamera ke gambar QR Codenya.


Tak hanya CR Code Reader yang dibuat tetapi kode2 lain seperti barcode, dll juga bisa dibaca.
Dalam hal ini dicontohin buat baca QR Code.

"Nah kalo cuma buat baca QR Code aja / kode2 lain, itu mah biasa..".

Maka dari itu dengan ide ini akan digabungkan dengan teknologi Augmented Reality. Supaya ga sama dengan ide aplikasi dari peserta lainnya.. hehe...
Augmented Reality
Apa itu “Augmented Reality”? Augmented Reality adalah virtual reality yang ditambahkan ke citra nyata, misalnya buah catur virtual dapat mainkan di atas sebuah papan catur kosong. Komputer harus tahu di mana letak kamera secara relatif ke papan catur untuk mengetahui bagaimana menempatkan obyek virtual dengan benar. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah untuk meletakkan pola penanda dalam video, ketika tanda ini diakui dalam gambar kamera, komputer yang merendering buah catur virtual tahu posisi dan sudut untuk membuat mereka tampil di kamera sehingga muncul monitor preview.

Augmented Reality disebut juga sebagai Mix Reality. Artinya, apa yang dilihat oleh mata kita secara langsung belum tentu yang semuanya ‘real’. Banyak elemen-elemen maya yang sudah ditambahkan, sehingga agak sulit membedakan mana yang asli atau bukan. Semua informasi yang ditampilkan dalam bentuk komputer grafis, 3 dimensi diperkaya efek Audio Visual yang dapat muncul di mana saja untuk dinikmati secara langsung oleh mata kita.


Nah, dengan pengantar singkat diatas, bagaimanakah cara kerja dari Ide Aplikasi yang direncanakan untuk Liquid E?
  1. Sebuah Kode QR atau Kode lainnya yang telah dibuat itu akan dibaca oleh Liquid QR dengan menggunakan kamera. Tentunya Kode tersebut telah disiapkan, persiapan yang ada di sini adalah nantinya akan terhubung dengan teknologi AR.
  2. Setelah Kode QR dibaca dengan kamera, nanti informasi yang tersisip di dalam kode tersebut akan langsung muncul. Informasi tidak hanya berupa kata-kata ataupun hanya link, tapi berupa sebuah objek bergerak yang hanya bisa dilihat melalui Smarphone Liquid E.
  3. Jadi disini informasi offline dari kode2 (QR, barcode, atau yang lainnya) yang bisa ditempelkan pada setiap produk2 lainnya bisa, dan dibaca menggunakan aplikasi ini (Look at Me!!)
Kemudian apa manfaat yang bisa didapat dengan teknologi ini?
  1. Bisa dijadikan sebagai salah satu cara pemasaran yang kreatif dengan menempelkan Kode2 pada produk lainnya.
  2. Membuat penasaran orang-orang terhadap informasi yang terkandung dalam kode2 yang ada. Jadi semakin banyak variasi kode, bisa semakin banyak informasi menarik di dalamnya, dan inilah yang bisa menarik perhatian.
  3. bisa menginspirasi banyak hal atau ide2 baru lainnya.
Dengan Ide ini, apa lagi yang bisa dikembangkan?
  1. Sebagai sarana untuk pengembangan informasi
  2. Bisa dibikin game yang menarik dari kode2 yang ada, karena digabungkan dengan teknologi augmented reality
  3. Bisa dibikin sebuah permainan yang sarat akan pendidikan untuk anak2
  4. Hanya dengan kertas berisi dengan kode dan sebuah Liquid E, kita bisa melakukan presentasi moderen, lagi2 karena terhubung dengan teknologi Augmented Reality.
  5. Karena semuanya bisa dianimasikan, akan lebih banyak informasi, pesan, dan hal-hal lain yang bisa dibagikan. :)
Ini Ide Aplikasi yang saya ajukan:
- Liquid AR - 
Semoga tulisan yang saya buat ini bisa bermanfaat, dan semoga bisa jadi pemenang Liquid E. Hehehe...


Ini video2 pengembangan dan implementasinya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi!!


Nb: Pengembangan di Video yang paling bawah keren banget..















Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...