27.7.10

Klik Kanan Create Document pada Ubuntu

Netsains.Com – Jujur sedikit bingung untuk membuat judul tulisan ini, sedikit ingin membahas ubuntu, ubuntu yang digunakan adalah versi 10.04, klo menurut saya ubuntu merupakan OS yang sangat keren banget, simple dan lebih dari sekedar cukup sebagai Operating System yang penggunaanya untuk kebutuhan office, Ubuntu + Restricted Package + VLC Player = ManTab, gak bakal terasa bahwa anda menggunakan Linux Ubuntu, tapi mungkin sedikit beda bagi sebagian yang menggunakan OS nya untuk keperluan Grafis dan Game.

Semenjak menggunakan Windows, setiap kali akan membuat suatu dokument, cara yang dilakukan adalah dengan meng klik kanan → New → Microsoft Office New Document atau dokumen lainnya yang diinginkan.

Sedangkan pada saat pertama kali menggunakan ubuntu, pada saat ingin membuat dokumen, klik kanan → Create Document isi nya kosong, No Template Installed. Walaupun OpenOffice sudah terinstal, ternyata secara default-nya tetap tidak ada.
Nah, ternyata untuk membuatnya sangat mudah, berikut adalah caranya..
1. Buka OpenOffice Writer, Menu → Office → OpenOffice.org Word Prosesor
2. setelah terbuka, atur page sesuai yang diinginkan, misalnya atur kertas menjadi A4 karena yang sering digunakan adalah ukuran A4 (Menu Format → Page → Pada Page Paper pilih A4), trus atur margin juga sesuai yang diinginkan.
3. Setelah itu simpan dengan nama OpenOffice Word Document atau nama lainnya sesuai keinginan.
4. Simpan pada directory Home\NamaUser\Template.

5. Selanjutnya caranya sama, misalnya mau buat Document Spreadsheet, buka OpenOffice.org Calc, Menu → Office → OpenOffice.org Speadsheet, trus save as di Folder Template (Home\NamaUser\Template) dengan nama OpenOffice Spreadsheet.
Maka hasilnya adalah seperti ini:

Dengan begini memudahkan kita untuk membuat dokumen baru dimanapun folder anda berada. Untuk template lainnya bisa download pada situs resminya, www.openoffice.org atau googling aja
Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...