28.7.10

Kenalkan, nama saya Joko

Nah, nama itulah yang sering aku sebutin ketika berkenalan dengan teman baru. Udah sering banget aku kenalan sm orang baru, dengan nama Joko, sampai2 beberapa orang bingung sama nama asliku. Padahal nama asliku jauh banget dari yang namanya Joko. hehe..
Dulu awal kuliah ngenalin dirinya masih polos, dengan nama asli, tapi dah agak lama, dah mulai keluar belangnya (iseng -red). Malah beberapa temenku udah biasa kalo ngeliat aku kenalan dengan nama Joko.

Sejarahnya dulu, waktu SMP, tepatnya kelas 2, itu pertamakalinya aku baca Novel. Novelnya itu minjem di perpustakaan SMP, minjemnya gratis, cz aku dulu sering ikut bantuin jaga perpustakaan. Nah, malang bagi perpus, buku novel yang aku pinjem tak pernah ku kembalikan. Novel itu karya Mira W, berjudul Dari Jendela SMP. Hehe...

Ini lho bentuknya novel yg kubaca :)
Novel ini dah banyak kali dicetak ulang, dan beberapa kali ganti cover. Terbitnya tahun 1983 lho.
Dah 3 kali aku baca tuh novel. Ceritanya bagus. Di novel itu yang jadi pemeran utama namanya Joko dan seorang gadis bernama Wulan. Waktu ngebaca tuh novel, aku serasa jadi pemeran utamanya, serasa jari Joko. Dan Wulan, aku bayangkan bener2 Wulan, ia adalah seorang kenalanku dari SD tetapi beda SD. Emang cantik sih orangnya. Hihi...

Si Joko ini badanya tegap, berisi, dan agak gelap warna kulitnya (kalo ga salah ingat), nah kalo si Wulan ini orangnya cantik, putih, anak orang kaya. Joko adalah anak seorang pembantu yang rumahnya berada dibelakang sekolah (ini juga kalo ga salah ingat).
Mereka berdua (Wulan dan Joko) adalah Siswa Teladan, tentunya mereka juga pinter. Di sekolah, Joko sering diejekin temennya, panggilannya adala JAB -Joko Anak Babu-. Memang sih si Joko adalah anak seorang pembantu. Dari kecil Joko ga pernah tau siapa ayahnya, kadang juga ia dibilangin anak haram.
Waktu itu ada dua hal yang menjadi obsesi Joko, yang pertama adalah mendapatkan hati Wulan, dan yang kedua adalah mencari tau siapa ayahnya.
Dalam cerita mereka masih berusia 15 tahun, terlibat cinta remaja yang lucu dan agak konyol, tapi asoy... Sampai suatu hari mereka berdua melompat keluar dari jendela SMP, menginjak bumi terlarang yang belum pernah mereka jelang, dan segala hal yang lucu dari dunia remaja, akhirnya berubah haru.

Novel ini jadi berkesan bagiku karena ini novel pertama dan hampir terakhir yang aku baca sampai selesai, ada hal2 lucu didalamnya, hingga akhirnya benyak keharuan sampai pada diketahuinya Ayah kandung dari Joko ini. sekarang ga tau kemana hilangnya nih novel, kalo ga salah pernah waktu SMA aku bawa ke sekolah, trus ada yang minjem. Nah.. hilangnya waktu SMA.. T.T

Yah, inilah asal nama yang aku pake kenalan dengan sebutan Joko..

Nah ini dia Cover Novelnya,tapi cover yang aku baca bukan yang ini. Tapi gambar yang diatas.. :)
Yang belum baca, ayo baca aja... bagus lho.. yang mau liat cuplikan dari novel ini, bisa liat di google book, klik sini aja.

Kayaknya ini yang cetakan pertama deh..

Nah yang ini yang kapan ya? :D


Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...