13.1.09

Kolesterol

Umumnya makanan yang enak dan lezat identik dengan makanan yang mengandung kolesterol. Kolesterol kini dapat menyerang berbagai usia, baik di usia paruh baya maupun usia remaja. Selain itu, kolesterol tidak hanya diderita oleh orang yang berbadan gemuk dan yang mempunyai pola makan besar. Orang yang kurus dan tidak terlalu banyak makan pun bisa mengidap penyakit kolesterol tinggi. Pola makan yang tidak baik dan lebih didominasi oleh makanan berlemak akan mendorong munculnya penyakit tersebut.

Kolesterol terbagi dua macam, yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat melekat di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak, sedangkan HDL disebut sebagai kolesterol baik karena mampu mengangkat kolesterol dan pembuluh darah yang kemudian dikeluarkan sebagai asam empedu.

Cara mencegah LDL tinggi adalah dengan mengatur konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh, antara lain dengan:

* Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang berserat tinggi dan kacang-kacangan seperti kedelai (tempe, tahu, susu kedelai).
* Mengonsumsi vitamin C dan E. Vitamin C biasanya terdapat pada buah belimbing, mangga, aneka jenis jeruk, kedondong, pepaya,rambutan, stroberi, atau kiwi. Sedangkan vitamin E dapat kita temukan di almond, alpukat, atau biji bunga matahari.
* Makanan yang mengandung beta glucan seperti apel, pepaya, pir, wortel, kapri, buncis, kecipir, kacang panjang, kacang hijau, kacang merah, dan beras merah. Beta glucan mampu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah dengan mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol.
* Menjaga berat badan agar seimbang, karena orang yang memiliki berat lebih cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi yang disebabkan karena terjadinya penumpukan trigliserida di balik lipatan kulit.
* Lakukan olah raga teratur agar metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik, sehingga tidak terjadi penimbunan lemak dan kolesterol.

Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol, seperti gorengan, jeroan, makanan laut, coklat, kuning telur, daging berlemak, mentega dan lain-lain. Pola makan sehat pasti akan mendukung hidup sehat dan umur panjang.
Share:

0 comments :

Post a Comment

Mari komentar dan berdiskusi...